Asuransi Jiwa

Semenjak kuliah sebenernya gw udah melek tuh masalah financial, cuma belum ada dananya. Namanya juga mahasiswa. Nah, karena sekarang udah punya duit sendiri, mari kita praktekan ilmunya.

Yang pertama kali gw beli emas batangan, buat dana darurat tujuannya. Cukuplah buat biaya idup gw 6-12 bulan tanpa kerja.

Selanjutnya gw kenalan sama reksadana, pede ke bank udah tau mau beli yang mana. Gw bacain tuh prospektus, pusing sih tapi dibaca juga.
Awalnya beli gak pake planning, tapi gw kan orangnya penasaran. Sekarang udah punya plan mau beli apa aja dan berapa tahun lagi. Udah rapi berapa nominal yang harus gw setor setiap bulannya ke reksadana yang gw punya.

Invest udah, tapi proteksi belum punya. Kalo kenapa-kenapa ditengah jalan gimana coba? Banyak sih yang nawarin asuransi, tapi unitlink. Pasti gw tolak mentah-mentah. Gw cuma butuh asuransi jiwa term life.

Kenapa jiwa? Karena menurut gw, asuransi kesehatan dari kantor udah cukup banget. Kalopun gw nanti berbisnis, mending pake BPJS. Lebih murah preminya. Kantor juga ngasih asuransi jiwa sih, tapi kan uang pertanggungannya kecil. Gak cukup atuh.

Setelah browsing sana-sini, ketemulah sama agen2 asuransi, rata2 mereka nawarin unitlink. Sampe akhirnya ketemu agen asuransi matahari hidup. Setelah ngobrol panjang lebar gw merasa cocok nih sama asuransi ini.

Setelah tanya-tanya premi setahun untuk masa 15tahun dengn UP 1M buat wanita manis berumur 25th tidak merokok ini, ternyata murah banget. 1,5 -1,8jt setahun tergantung mau bayar tahunan, 6 bulanan atau 3 bulanan.

Kenapa gw ambil 15 tahun? Kok gak 10 atau 20 tahun? Ini pertimbangan gw. Kalo 10 thn kecepetan, kalo 20 thn kelamaan. 15thn lagi umur gw 40thn, gw mau renewal asuransi term life gw sampe umur 50thn. Masalah premi pas renewal nanti juga sih. Kenapa gw cuma mengasuransikan diri gw sampe umur 50thn doang? Karena di umur segitu, insya allah udah punya aset yang bisa ditinggalkan buat anak-anak kelak. Lebih dari UP asuransi yang akan mereka terima.

Kenapa sih gw butuh asuransi jiwa murni kan duitnya ilang? Pertanyaan balik buat yang nanya, kenapa situ rela beli asuransi buat mobil yang harganya gak murah, harga mobil sama diri situ mahalan mana coba?

Asuransi jiwa murni itu kayak satpam, kita rela bayar iuran satpam demi ada yang jaga rumah kita. Kalau gak ada maling, kita gak pernah kan minta duitnya balik? Nah begitu juga asuransi jiwa murni.

Gw sih mikirnya, kalo sampe gw kenapa-kenapa di tengah jalan. Setidaknya anak gw ada biaya buat dia idup dan sekolah sampe lulus kuliah. Itu aja sih.

Mau beli asuransi macem apa yaa terserah situ, kan situ yang bayar. Cuma coba dicari dulu kekurangan dan kelebihannya.

Leave a comment